• default style
  • blue style
  • green style
  • red style
  • orange style

Articles

Print

. Posted in ARTIKEL PEMADAM KEBAKARAN

Ketika kebakaran terjadi kuasailah pada saat api tersebut masih kecil, semakin besar api semakin sulit memadamkannya. Tindakan yang cepat diperlukan agan pemadaman api dapat efektif dilakukan. Pengetahuan mengenai jenis alat pemadam api yang sesuai dengan material yang terbakar sangat diperlukan

Ketahuilah tempat pemadam api, perlengkapan pemadam api seperti selang air, selimut api, mencuci muka / mandi didalam daerah bekerja dimana anda bekerja, jangan pindahkan alat pencegahan/pemadam kebakaran dari daerah yang ditentukan tanpa persetujuan dari bagian Safety Personil kecuali untuk penanggulangan terhadap bahaya kebakaran.

Jangan meletakan benda yang menghalangi alat pemadam kebakaran.Pemadam api harus selalu tersedia jika diperlukan untuk pekerjaan panas. Laporkan segera ke petugas Safety jika terdapat kerusakan pada alat pemadam api.


PENYEBAB KEBAKARAN
Kebakaran dapat terjadi bila terdapat 3 hal sebagai berikut :
Terdapat bahan yang mudah terbakar baik berupa bahan padat cair atau gas ( kayu, kertas, textil, bensin, minyak,acetelin dll)
Tedapat suhu yang tinggi yang disebabkan oleh sumber panas seperti Sinar Matahari, Listrik (kortsluiting, panas energy mekanik (gesekan), Reaksi Kimia, Kompresi Udara
Terdapat Oksigen (02) yang cukup kandungannya. Makin besar kandungan oksigen dalam udara maka nyal api akan semakin besar. Pada kandungan oksigen kurang dari 12% tidak akan terjadi kebakaran. Dalam keadaan normal kandungan oksigen di udara 21%, cukup efektif untuk terjadinya kebakaran

Bila tiga unsur tersebut cukup tersedia maka kebakaran terjadi. Apabila salah satu dari 3 unsur tersebut tidak tersedia dalam jumlah yang cukup maka tidak mungkin terjadi kebakaran. Jadi api dapat dipadamkan dengan tiga cara yaitu :

a. Dengan menurunkan suhunya dibawah suhu kebakaran,
b. Menghilangkan zat asam
c. Menjauhkan barang-barang yang mudah terbakar


PENGELOMPOKAN KEBAKARAN

Pengelompokkan kebakaran menurut peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 04/MEN/1980 Bab I Pasal 2, ayat 1 mengkalisikasikan kebakaran menjadi 4 yaitu katagori A,B,C,D. Sedangkan National Fire Protection Association (NFPA) menetapkan 5 katagori jenis penyebab kebakaran, yaitu kelas A, B, C, D dan K. Bahkan beberapa Negara menetapkan tambahan klasikasi dengan kelas E.
Klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kebakaran Kelas A
Adalah kebakaran yang menyangkut benda-benda padat kecuali logam. Contoh : Kebakaran kayu, kertas, kain, plastik, dsb.
Alat/media pemadam yang tepat untuk memadamkan kebakaran klas ini adalah dengan : pasir, tanah/lumpur, tepung pemadam, foam (busa) dan air .

2. Kebakaran Kelas B
Kebakaran bahan bakar cair atau gas yang mudah terbakar.
Contoh : Kerosine, solar, premium (bensin), LPG/LNG, minyak goreng.
Alat pemadam yang dapat dipergunakan pada kebakaran tersebut adalah Tepung pemadam (dry powder), busa (foam), air dalam bentuk spray/kabut yang halus.

3. Kebakaran Kelas C
Kebakaran instalasi listrik bertegangan. Seperti : Breaker listrik dan alat rumah tangga lainnya yang menggunakan listrik.
Alat Pemadam yang dipergunakan adalah : Carbondioxyda (CO2), tepung kering (dry chemical). Dalam pemadaman ini dilarang menggunakan media air.

4. Kebakaran Klas D
Kebakaran pada benda-benda logam padat seperti : magnesum, alumunium, natrium, kalium, dsb.
Alat pemadam yang dipergunakan adalah : pasir halus dan kering, dry powder khusus.

5. Kebakaran Klas K
kebakaran yang disebabkan oleh bahan akibat konsentrasi lemak yang tinggi. Kebakaran jenis ini banyak terjadi di dapur. Api yang timbul didapur dapat dikategorikan pada api Klas B.

6. Kebakaran Kelas E
Kebakaran yang disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek pada peralatan elektronik. Alat pemadam yang bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran jenis ini dapat juga menggunakan tepung kimia kering (dry powder), akan tetapi memiliki resiko kerusakan peralatan elektronik, karena dry powder mempunyai sifat lengket. Lebih cocok menggunakan pemadam api berbahan clean agent


Penting untuk mengetahui pengelompokan kebakaran ini agar kita dapat menentukan alat pemadam api apa yang digunakan. Bila pemadam api yang kita gunakan salah maka upaya pemadaman api akan mengalami kegagalan

Contoh : Kebakaran Klas C (listrik) jangan dipadamkan dengan alat pemadam jenis cair, seperti : air/busa, maka si pemadam itu sendiri akan terkena aliran listrik, karena air/busa adalah penghantar listrik.

Print

. Posted in ARTIKEL PEMADAM KEBAKARAN

Jenis Alat Pemadam Api Ringan


APAR (Alat Pemadam Api Ringan) adalah alat pemadam kebakaran yang dapat dibawa dan dioperasikan oleh satu orang serta berdiri sendiri dan beratnya antara 1 sampai dengan 16kg.

Alat pemadam api ringan terdiri atas :
serbuk kimia kering
Halon 1211 (BCF)
C02 (carbon dioxide)

1. Alat Pemadam PORTABLE

Adalah Alat Pemadam Api Portable yang dilengkapi dengan Alat Pengukur Tekanan (Pressure Gauge) yang setiap saat dapat menunjukan adanya tekanan, sehingga memudahkan pengontrolan efektifitas kinerja tabung.

Tabung pemadam yang mudah untuk dibawa dan dapat digunakan/dioprasikan oleh seorang saja.

Ukuran dari tabung pemadam api portable unit dihitung mulai dari 1 kilogram sampai dengan 9 kilogram.

Catatan:
Khusus untuk tabung pemadam api dengan media (isi) Carbon dioxide dihitung mulai dari ukuran 3 kilogram sampai dengan 6,8 kilogram (standart)


2. Fire Detec

FireDeTec adalah sebuah alat pemadam kebakaran otomatis yang mencari sumber api dan memadamkan sumbernya melalui sebuah selang penyalur, sekaligus bertindak sebagai detektor api yang fleksibel. Selang ini terbuat dari bahan Polymer khusus untuk melacak sumber api dan penyalur gas yang unik. FireDeTec tidak tergantung pendeteksian api pada satu titik saja tetapi disepanjang selang fleksibel.

Sistem pemadaman semacam ini bisa digunakan secara tersendiri atau dapat juga sepenuhnya dikendalikan dengan kombinasi sistem alarm dan pemutus arus listrik dari peralatan yang dilindungi.


3. Thermatic system (SISTEM SPRINKLER )

Adalah alat pemadam api otomatis. System yang terpasang secara modulair di atas plafon dan jumlah modul terpasang disesuaikan dengan kebutuhan volume ruangan yang akan dilindungi. Sistim pemadam otomatis ini akan bekerja bila ada asap/awal nyala api yang terdeteksi oleh pengindera elektronik (sensor). Oleh karenanya bila dipasang beberapa unit dalam satu ruangan akan bekerja secara serentak karena ujung nozzle/sprinkler alat ini dilengkapi dengan actuator yang bekerja secara elektronik.

Alat ini juga berfungsi sebagai Thermatic artinya bila terjadi kegagalan fungsi elektonik tetap bekerja akibat panas pada temperatur ± 68°C

4. Trolley

Adalah Alat Pemadam Api Beroda yang dilengkapi dengan Regulator untuk mengatur tekanan gas CO2/N2. Alat ini biasanya ditemukan di tempat pengisian bahan baker.

Tabung Pemadam Api yang dioperasikan oleh dua orang ataupun lebih dan dimulai dari hitungan 20 kilogram sampai dengan 68 Kilogram

Catatan:
Khusus untuk tabung pemadam api dengan media (isi) Carbon dioxide dihitung mulai dari ukuran 9 kilogram sampai dengan 45 kilogram (standart)

5. Hydrant

Fungsi utama hydrant adalah sebagai salah satu sumber air apabila terjadi kebakaran, di negara-negara maju ada standar pewarnaan dan tanda-tanda khusus untuk setiap sistem hydrant, sedangkan di negara–negara dunia ketiga hal tersebut belum lazim.


*dari berbagai sumber

Print

. Posted in ARTIKEL PEMADAM KEBAKARAN

Ada 3 (tiga) cara untuk mengatasi/memadamkan kebakaran :


Cara penguraian yaitu cara memadamkan dengan memisahkanatau menjauhkan bahan / benda-benda yang dapat terbakar
Cara pendinginan yaitu cara memadamkan kebakaran denganmenurunkan panas atau suhu. Bahan airlah yang paling dominandigunakan dalam menurunkan panas dengan jalanmenyemprotkan atau menyiramkan air ketitik api.
Cara Isolasi / lokalisasi yaitu cara pemadaman kebakarandengan mengurangi kadar / prosentase O2 pada benda-bendayang terbakar.


Bahan Pemadam KebakaranBahan pemadam kebakaran yang banyak dijumpai dan dipakai pada saat ini antara lain :
Bahan pemadam Air
Bahan pemadam Busa (Foam)
Bahan pemadam Gas CO2
Bahan pemadam powder kering (Dry chemical)
Bahan pemadam Gas Halon (BCF)


Bahan pemadam Air
Bahan pemadam air mudah didapat, harga murah, dapat digunakandalam jumlah yang tak terbatas bahkan tidak perlu beli/gratis.

Air disamping menurunkan panas/suhu (mendinginkan) dapat pula menahan/menolak dan mengusir masuknya oksigen apabila dikabutkan.

Pada saat ini bahan pemadam kebakaran air banyak digunakan dengan sistim/bentuk kabut (Fog), karena mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pancaran air antara lain :
Mempunyai kemampuan menyerap panas (pendinginan) lebihbesar. 1 liter air yang dipancarkan dapat menyerap panas 30 kcal,sedangkan bila dikabutkan 1 liter air dapat menjadi uap sebanyak 1.600 lt dan akan menyerap panas sampai 300 kcal.
Peyemprotan nozzel lebih mudah dikendalikan, dengan mengaturnozzel pancaran dapat dikendalikan bahkan sistim kabut (fog)
Menghasilkan udara segar
Dapat digunakan pada kebakaran minyak (Zat cair)


Keuntungan dan kerugian bahan air :

Keuntungan:
1. sebagai media pendingin yang baik
2. mudah didapat dan besar jumlahnya
3. biaya eksploitasi rendah

Kerugian :
1. menghantar listrik
2. penggunaan dikapal dapat mengganggu keseimbangan(stabilitas)
3. dapat merusak barang-barang berharga tertentuseperti alat-alat elektronik
4. menambah panas apabila terkena karbit kopramentah, atau bahan-bahan kimia tertentu

Bahan pemadam Busa (Foam)

Bahan pemadam busa efektif untuk memadamkan kebakaran kelas B(minyak, solar dan cairnya), untuk memadamkan kebakaran bendapadat (Kelas A) kurang baik , Seperti diketahui bahwa pemadam kebakaran dengan bahan busa adalah dengan cara isolasi yaitu mencegah masuknya udara dalamproses kebakaran (api), dengan menutup/menyelimuti permukaan benda yang terbakar sehingga api tidak mengalir.

Menurut proses pembuatannya terdapat dua jenis busa yaitu :
Busa kimia ( Chemis )
Busa mekanis- Busa kurang sesuai untuk disemprotkan pada permukaan cairan yang mudah bercampur dengan air (Alkohol, spirtus) karena busa mudah larut dalam air


Bahan pemadam Gas CO2

Bahan pemadam kebakaran CO2 atau karbon dioksida berupa gas dan dapat digunakan untuk memadamkan segala jenis kebakaran terutama kelas C. Dengan menghembuskan gas CO2 akan dapat mengusir dan mengurangi prosentase oksigen (O2) yang ada diudarasampai 12 % – 15 %- Gas CO2 ini lebih berat dari pada udara dan seperti gas-gas lain tidak menghantar listrik, tidak berbau dan tidak meninggalkan bekas/bersih.


Bahan pemadaman Tepung (powder) kimia kering (drychemical)

Dry chemical dapat digunakan untuk semua jenis kebakaran, Tidak berbahaya bagi manusia / binatang karena tidak beracun,

Bahan dry chemical disebut sebagai bahan pemadam kebakaran yang berfungsi ganda (multi purpose extinguisher)
Tidak menghantar listrik, Powder berfungsi mengikat oksigen (isolasi) dan juga dapat mengikat gas-gas lain yang membahayakan.
Dapat menurunkan suhu, Mudah dibersihkan dan tidak merusak alat-alat,


Cara penggunaanya dry chemical hampir sama dengan gas CO2 yaitu sebagai berikut :
Pertama harus diperhatikan adanya/arah angin, jika angin bertiup terlalu kuat maka penggunaan dry chemical ini tidak efisien.
Arahkan pancaran pemotong nyala api dan usahakan dapatterbentuk semacam awan/asap untuk menutup nyala api tersebut.


Bahan pemadam Gas Halon (BCF)
Alat Pemadam Api Ringan jenis Halon 1211 (BCF/ Carbon, Flourine, Chlorine, Bromide).
Halon 1211 (BCF) biasanya dipasang di dinding-dinding kantor dalam bentuk Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan efektif digunakan pada ruangan, karena dalam pemadaman kebakaran bersifat mengisolir oksigen, disamping itu gas halon sangat baik karena tidak bersifat merusak dan bersih.

CALL CENTER

081380945777 (TELKOMSEL)  -   081807014991 (XL)

PIN BB 2369A5AB

 

PT. JOVITA

Jl. Pramuka Raya No.19 A

Telp. (021) 8577007, 70789300

Fax. (021) 8509654

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Visitor

We Are Online

Chating with us

Turn off/on Sound Options Smileys History FAQ Kide Chat
Guest_5538: Hello ( «link» )
Hello ( «link» )
Hello ( «link»
Guest_4808: Wow....this is a important web site.
See this
«link»
Guest_8591: Sustain the amazing job !! Lovin' it!
See this
«link»
«link»
«link»
«link»
«link»
Guest_1804: Extremely user friendly site. Astounding info readily available on few clicks on.
See this
«link»
«link»
«link»
Guest_4236: Unbelievably user pleasant website. Immense info readily available on few clicks.

My net web sites
«link»
«link»
Guest_7956: Wow because this is excellent job! Congrats and keep it up.

See this
«link»
Guest_8166: Great looking web site. Think you did a bunch of your very own html coding.

See a lot more about me below
«link»
«link»
«link»
Guest_7684: Thanks very beneficial. Will certainly share website with my buddies.

See this
«link»
«link»
«link»
«link»
Guest_8317: Surprisingly user friendly site. Enormous information readily available on couple of clicks.

My net internet sites
«link»
Guest_6172: The stuff is rather useful.
See much more about me beneath
«link»
«link»
«link»
Guest_3236: You've possibly the best internet sites.
My net web pages
«link»
«link»
«link»
Guest_3927: I like reading your websites. With thanks!
My net pages
«link»
«link»
Guest_5425: I enjoy this site - its so usefull and helpfull.
My world wide web pages
«link»
«link»
Guest_2570: Extremely helpful....look ahead to visiting again.
My web web pages
«link»
«link»
Guest_8736: Thanks meant for furnishing like amazing write-up.


See more about me under
«link»
«link»
«link»
«link»
«link»
Guest_4773: Hello ( «link» )
Hello ( «link» )
Hello ( «link» )
Hello ( «link»
Guest_4765: Thank you so much! This is definitely an astounding internet site.

My internet websites
«link»
Guest_5434: Wow, beautiful website. Thnx ...
Some fascinating locations
«link»
Guest_8086: Many thanks really helpful. Will share site with my pals.

Some intriguing locations
«link»
«link»
Guest_4669: Many thanks! This is an wonderful web site.
See much more about me below
«link»
«link»
«link»
«link»
«link»
Guest_5860: I love looking through your website. Thanks a lot!

Some intriguing spots
«link»
«link»
«link»
Guest_1443: Keep up the excellent job !! Lovin' it!
My net pages
«link»
«link»
«link»
«link»
«link»
«link»

«link»
Guest_9882: Good Site, Carry on the useful job. Thanks a ton!
See this
«link»
Guest_6685: Keep up the good job and delivering in the crowd!

See this
«link»
Guest_2762: Hello.This article was really motivating, especially since I was looking for thoughts on this subject last Monday.



«link»
Guest_5376: Keep up the good work and generating the crowd!
Some interesting spots
«link» Stone:20Black20Luxury20Tile RU-24
Guest_8013: I enjoy reading your website. Thanks for your time!

See much more about me beneath
«link»
«link»
Guest_7858: Thanks extremely beneficial. Will certainly share website with my buddies.


My net internet pages
«link»
Guest_8074: Unbelievably user pleasant site. Enormous details readily available on couple of clicks on.
My internet internet sites
«link»
Guest_4465: Thanks a lot for sharing your great website.
See a lot more about me beneath
«link»
«link»
«link»
Guest_1302: I enjoy the data on your web site. With thanks!
My web web pages
«link»
Guest_1472: Neat Webpage, Stick to the beneficial work. Appreciate it.

Some intriguing areas
«link»
Guest_4196: Great looking internet site. Think you did a bunch of your very own html coding.

My web websites
«link»
Guest_3867: Hi there, cool webpage you've gotten in here.
My internet websites
«link»
«link»
Guest_4695: Appreciate it for sharing your cool web-site.
My net sites
«link»
«link»
«link»
«link»
«link»
«link»

«link» mantegazzianum
Guest_7409: Great looking web site. Assume you did a great deal of your own coding.

See this
«link»
«link»

Name:
Message:


:) :( ;) :P :D :| :O :S O.O 8) :_( :-* (!) (?)